Hasil Training Leadership Day 4 Zona 2
30 Juni 2024
Emoticon hasil latihan hari ini adalah ☹ untuk hasil feedback saya untuk salah satu team saya yang memang dari hasil kinerja beliau masih kurang bagus dari pencapaian performansinya.
Saya ingin mengulas kembali hasil training tentang leadership dengan judul "Unlocking your leadership potential with easy to implement habits" dengan spv saya kemarin, bahwa kita sebagai leader harus memahami tingkatan kemampuan dari underteam kita ada dilevel mana, sehingga kita dengan jelas mengerti bagaimana memberikan sebuah perhatian, coaching dan mentoring yang tepat untuk team saya.
Ada 4 tingkatan pengembangan yang menggambarkan empat kombinasi dari kompetensi dan komitmen yang wajib saya ketahui dan pahami sehingga saya bisa memetakan team saya berada di level mana.
D1: kompetensi kurang, komitmen bagus
D2: kompetensi masih kurang, komitmen rendah
D3: kompetensi sudah mulai tinggi, komitmen masih up down
D4: kompetensi tinggi, komitmen tinggi
D1
Low competence and high competence
Individu di D1 tertarik dan antusias terhadap target/tujuan atau tugas, tetapi tidak memiliki keterampilan dan pengalaman. Individu ini disebut enthusiastic Beginner (Pemula yang antusias).
Kebutuhannya:
• pengakuan akan semangat
•Target, tanggung jawab dan peran yang jelas
•Prioritas kerja
•Rencana kerja
•Informasi
•Batasan dan limitasi
•Rencana pelatihan yang terstruktur dan bertahap
•Arahan (Direction) mengenai apa dan bagaimana
•Umpan balik/feedback rutin thd pencapaian
•Contoh contoh riil
D2
Low to some competence and low commitmen
Individu di D2 biasanya sudah dikembangkan kemampuannya spesifik terhadap target atau tugas, tetapi sering mudah frustasi atau demotivasi karena tidak memenuhi ekspektasinya. Dampaknya adalah pemurunan komitmen, yang bisa semakin drastis dan cepat jika berhadapan dengan tipe kepemimpinan yang tidak sesuai. Individu di D2 adalah Disillusioned Learner (Pelajar yang kecewa)
Kebutuhannya
• keterlibatan dalam menentukkan tujuan dan rencana kerja
• perspektif dan sudut pandang bahwa kemajuan sedang dibuat
• jaminan bahwa melakukan kesalahan diijinkan dalam proses belajar
• penjelasan 'mengapa'
• kesempatan untuk berbagi keprihatinan dan didengar
• Dukungan dan jaminan
• saran
• Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan
• Dibantu dalam menganalisa kesuksesan dan kesalahan
• Dipuji saat memberikan kemajuan
D4
Moderate to high competence and variable commitmen
Individu di D3 mempunyai kemampuan yang cukup untuk mencapai target atau menyelesaikan tugas, kepercayaan dirinya mudah goyah dan akan mempengaruhi motivasi.
Motivasi rendah di D3 dapat juga dikarenakan isu personal, pekerjaan, kejenuhan terhadap tugas yang dihadapi.
Individu di D3 dapat disebut capable, but cautious, performer (mampu tapi berhati hati, pelaku).
Kebutuhan
• Papan suara untuk menguji ide
• Pertanyaan yang baik untuk membangun keterampilan pemecahan masalah mandiri
• Pujian untuk kompetensi dan kinerja yang baik
• kesempatan untuk memimpin dalam penetapan tujuan dan perencanaan tindakan
• Dorongan dan dukungan yang kuat
• Membantu dalam menghilangkan hambatan untuk pencapaian tujuan
• Membantu dalam melihat keberhasilan dan keterampilan masa lalu secara objektive untuk membangun kepercayaan diri.
D4
High Competition and High commitment
Individu di D4 menguasai tugas dan targetnya, sangat termotivasi dan percaya diri. Individu di D4 disebut self-reliant achiever (mandiri berprestasi).
Kebutuhan D4
• Kepercayaan
•Variasi kerja dan tantangan
•Otonomi
•Peluang untuk mengajar dan membimbing orang lain
•Pengakuan/penghargaan atas kontribusi yang diberikan
Yang sudah saya lakukan:
Saya menjadi team leader yang perhatian kepada team, memonitoring dengan baik, memberikan motivasi yang penuh kepada mereka, tetapi yang perlu saya tingkatkan adalah konsistensi.
Insight:
Kedepannya dari pengembangan empat kompetensi ini saya masukkan kedalam program kerja saya dibulan juni untuk mengimprovement kinerja team saya.
Emoticon hasil latihan hari ini adalah ☹ untuk hasil feedback saya untuk salah satu team saya yang memang dari hasil kinerja beliau masih kurang bagus dari pencapaian performansinya.
Saya ingin mengulas kembali hasil training tentang leadership dengan judul "Unlocking your leadership potential with easy to implement habits" dengan spv saya kemarin, bahwa kita sebagai leader harus memahami tingkatan kemampuan dari underteam kita ada dilevel mana, sehingga kita dengan jelas mengerti bagaimana memberikan sebuah perhatian, coaching dan mentoring yang tepat untuk team saya.
Ada 4 tingkatan pengembangan yang menggambarkan empat kombinasi dari kompetensi dan komitmen yang wajib saya ketahui dan pahami sehingga saya bisa memetakan team saya berada di level mana.
D1: kompetensi kurang, komitmen bagus
D2: kompetensi masih kurang, komitmen rendah
D3: kompetensi sudah mulai tinggi, komitmen masih up down
D4: kompetensi tinggi, komitmen tinggi
D1
Low competence and high competence
Individu di D1 tertarik dan antusias terhadap target/tujuan atau tugas, tetapi tidak memiliki keterampilan dan pengalaman. Individu ini disebut enthusiastic Beginner (Pemula yang antusias).
Kebutuhannya:
• pengakuan akan semangat
•Target, tanggung jawab dan peran yang jelas
•Prioritas kerja
•Rencana kerja
•Informasi
•Batasan dan limitasi
•Rencana pelatihan yang terstruktur dan bertahap
•Arahan (Direction) mengenai apa dan bagaimana
•Umpan balik/feedback rutin thd pencapaian
•Contoh contoh riil
D2
Low to some competence and low commitmen
Individu di D2 biasanya sudah dikembangkan kemampuannya spesifik terhadap target atau tugas, tetapi sering mudah frustasi atau demotivasi karena tidak memenuhi ekspektasinya. Dampaknya adalah pemurunan komitmen, yang bisa semakin drastis dan cepat jika berhadapan dengan tipe kepemimpinan yang tidak sesuai. Individu di D2 adalah Disillusioned Learner (Pelajar yang kecewa)
Kebutuhannya
• keterlibatan dalam menentukkan tujuan dan rencana kerja
• perspektif dan sudut pandang bahwa kemajuan sedang dibuat
• jaminan bahwa melakukan kesalahan diijinkan dalam proses belajar
• penjelasan 'mengapa'
• kesempatan untuk berbagi keprihatinan dan didengar
• Dukungan dan jaminan
• saran
• Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan
• Dibantu dalam menganalisa kesuksesan dan kesalahan
• Dipuji saat memberikan kemajuan
D4
Moderate to high competence and variable commitmen
Individu di D3 mempunyai kemampuan yang cukup untuk mencapai target atau menyelesaikan tugas, kepercayaan dirinya mudah goyah dan akan mempengaruhi motivasi.
Motivasi rendah di D3 dapat juga dikarenakan isu personal, pekerjaan, kejenuhan terhadap tugas yang dihadapi.
Individu di D3 dapat disebut capable, but cautious, performer (mampu tapi berhati hati, pelaku).
Kebutuhan
• Papan suara untuk menguji ide
• Pertanyaan yang baik untuk membangun keterampilan pemecahan masalah mandiri
• Pujian untuk kompetensi dan kinerja yang baik
• kesempatan untuk memimpin dalam penetapan tujuan dan perencanaan tindakan
• Dorongan dan dukungan yang kuat
• Membantu dalam menghilangkan hambatan untuk pencapaian tujuan
• Membantu dalam melihat keberhasilan dan keterampilan masa lalu secara objektive untuk membangun kepercayaan diri.
D4
High Competition and High commitment
Individu di D4 menguasai tugas dan targetnya, sangat termotivasi dan percaya diri. Individu di D4 disebut self-reliant achiever (mandiri berprestasi).
Kebutuhan D4
• Kepercayaan
•Variasi kerja dan tantangan
•Otonomi
•Peluang untuk mengajar dan membimbing orang lain
•Pengakuan/penghargaan atas kontribusi yang diberikan
Yang sudah saya lakukan:
Saya menjadi team leader yang perhatian kepada team, memonitoring dengan baik, memberikan motivasi yang penuh kepada mereka, tetapi yang perlu saya tingkatkan adalah konsistensi.
Insight:
Kedepannya dari pengembangan empat kompetensi ini saya masukkan kedalam program kerja saya dibulan juni untuk mengimprovement kinerja team saya.
Komentar
Posting Komentar