Work from Home by Profiling Consumer
PANDEMIC CORONA
Setelah Kemenkes resmi merilis peraturan Menteri Kesehatan no. 9 Tahun 2020, tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka Pencegahan Covid-19, banyak perusahaan yang tentunya sudah banyak mempersiapkan cara agar virus corona tidak dengan cepat menyebar ke karyawan nya , maka oleh karena itu dilakukan salah satu caranya dengan Membatasi kontak sesama pihak , cara yang dilakukan yaitu salah satunya dengan Work From Home (WFH).
Persiapan Kegiatan yang dilakukan Profiling Consumer dalam menugaskan karyawan WFH ini tdklah begitu mudah, dikarenakan profiling yang berbasis bisnis consumer, tentunya akan berpengaruh terhadap pencapaian performansi perusahaan dan karyawan itu sendiri, oleh karena itu persiapan untuk siap WFH membutuhkan kurang lebih 2 minggu , apa saja yang sudah dilakukan :
Milestone Profiling untuk WFH :
Per tanggal 24 Maret 2020, kami sudah memutuskan utk memulai WFH bagi para agent yang sedang hamil.
Dengan hasil rapat dengan bapak manajer, pada 1 hari sebelumnya, banyak hal yang dibahas , dan pada hasilnya kami bisa me WFH kan 4 agent terlebih dahulu, dengan banyak pertimbangan dari segi kesehatan, psikis mental agent, dan meminimalisir penularan virus kpd orang2 yang sedang dalam keadaan lemah (tentunya ibu hamil).
Per tanggal 1 April 2020, menyusul 2 agent ibu menyusui dengan potensi terdampak terkena penyebaran virus corona dikarenakan mereka mempunyai tempat tinggal yang jauh, masih mempunyai anak yg sangat rentan terhadap penyakit.
Sejarah WFH pertama di Profiling, adalah bagaimana kami tetap membuat Agent WFH masih bisa Produktif setiap harinya. Tentunya ke 6 agent WFH ini diberikan setiap jobdesk yang berbeda dengan berbagai macam kategori, yaitu :
Kategori Individu, Team dan Layanan.
Pertama, kategori individu adalah agent membuat Timebond untuk memonitor kinerja diri pribadi, time bond ini berisi kolom interval, kegiatan yang dilakukan, dan rencana tugas tugas yang akan di selesaikan dalam 1 hari yang sama.
Kedua, kategori Team adalah kontribusi agent WFH kepada Underteam nya.
Seperti membantu team leader dalam menyelesaikan jobdesknya utk memonitor teamnya dalam segi kualitas (tappingan validasi) dan kuantitas (Target).
Ketiga, Layanan adalah Keikut sertaan agent WFH dalam membantu layanan agar tetap Produktif walaupun tdk dengan achieve target, tetapi dapat membantu dalam hal lain, contoh membantu merekap total target daily, keluhan pelanggan, permintaan input data/update data pelanggan, sehingga memudahkan team operasional dalam meng analisa sebuah bisnis untuk kelangsungan Profiling kedepannya.
Dengan prinsip kontribusi pada ke 3 aspek tsb , WFH kami sebut juga dengan LFH (Learning From Home)
** Agent On Duty
Dilain sisi, agent/karyawan yang masih bekerja akan selalu melakukan cara yang kami sebut Pencegahan Covid-19 daily.
Dimana setiap harinya banyak hal yang sudah kami lakukan , yaitu :
1. Poster/edukasi/Sosialisasi terkait bahaya Penyebaran dan dampak dari penyebaran Virus corona. Kami lakukan briefieng per underteam dengan menampilkan Materi Pencegahan Covid-19 (Tanggal 1 Maret 2020)
2. Keikutsertaan team operational dalam Posko Siaga Covid-19 yang bertempat di Gedung Infomedia TBB33 Lantai 4.
Posko siaga ini tentunya membantu kami dalam menerima informasi ter uptodate dan no hoax, juga memberikan sarana bagi kami dalam pelaporan jika kedepan ada dari team kami yang sakit atau mempunyai gejala covid-19, maka akan segera ditindak lanjuti dengan mengisi form IMP (Ijin Meninggalkan Pekerjaan) , cek suhu tubuh dan penanganan dari pihak medis dalam hal ini dapat dihubungi melalui call center 119.
3. Pengadaan Disinfektan disetiap penjuru layanan Profiling. Seperti menyediakan handsanitizer disetiap lorong work station, pengadaan sabun cuci tangan, handsanitizee dalam bentuk hairspray, penyemprotan disinfektan setiap minggunya.
4. Kewajiban membawa tisue basah, handsanitizer pribadi guna menjaga agar workstation dan pribadi agent/karyawan tetap steril.
5. Praktek program Social Distancing, dengan merubah Pola Posduk Agent/karyawan agar tidak terlalu berdekatan. Cara yang kami lakukan , dengan memindahkan extension aplikasi call ke ruangan yang tidak digunakan sebelumnya (Ruang Saltik), dan juga memberlakukan 1 posisi duduk untuk 1 agent tidak boleh berpindah pindah tempat.
6. Setiap harinya mengedukasi agent/karyawan untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan perangkat kerja.
7. Penggunaan Masker bagi agent yang merasa tidak sehat, dan setelah ada peraturan Gubernur terkait kewajiban semua masyarakat dalam menggunakan masker, oleh karena itu Profiling membagikan secara cuma cuma masker kepada seluruh karyawan Profiling yang sedang bertugas.
8. Pengadaan multivitamin, makanan yang bergizi, jamu tradisional/air jahe dalam meningkatkan imunitas agent/karyawan Profiling yang masih tetap Produktif dikantor dalam bertugas memvalidasi data Pelanggan.
Dan masih banyak lagi cara cara kami dalam pencegahan Covid-19 yang akan di share lain waktu ya..
And the last, alhamdulillah ini hari ke 2 kami dalam meng WFH kan agent selanjutnya dengan Keberhasilan Persiapan agar agent/karyawan masih tetap Produktif dalam ketercapaian Targetnya. (Mulai aktif 9 April 2020)
Harapan nya , dengan percobaan WFH yang sudah di ikuti oleh kurang lebih 20 Agent ini, akan berdampak positif terhadap Bisnis Proses Profiling dalam pemanfaatan praktek Agent Anywhere, sehingga pada saat Pandemic corona ini selesai, praktek WFH yang tidak asing lagi kita ketahui seperti meng aktifkan kembali agent anywhere yang pernah beberapa tahun yang lalu akan direncanakan dan takdirnya di tahun 2020 dengan musibah pandemic ini ternyata bisa mewujudkan cita cita Profiling yang sudah lama direncanakan.
Doanya, semoga agent/karyawan yang sudah WFH bisa bertanggung jawab dengan Target dan tetap memberikan kontribusi yang terbaik untuk Profiling Consumer.
Jadilah kebanggaan kami.
Bandung, 11 April 2020
Pukul 00:47 wib
Dari kami yang masih banyak belajar,
Yang selalu bangga dengan jobdesk kami,
Dalam membimbing kalian para agent2
Terbaik
Lia Siti Nurlianty
TeamLeader Profiling Consumer
Setelah Kemenkes resmi merilis peraturan Menteri Kesehatan no. 9 Tahun 2020, tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka Pencegahan Covid-19, banyak perusahaan yang tentunya sudah banyak mempersiapkan cara agar virus corona tidak dengan cepat menyebar ke karyawan nya , maka oleh karena itu dilakukan salah satu caranya dengan Membatasi kontak sesama pihak , cara yang dilakukan yaitu salah satunya dengan Work From Home (WFH).
Persiapan Kegiatan yang dilakukan Profiling Consumer dalam menugaskan karyawan WFH ini tdklah begitu mudah, dikarenakan profiling yang berbasis bisnis consumer, tentunya akan berpengaruh terhadap pencapaian performansi perusahaan dan karyawan itu sendiri, oleh karena itu persiapan untuk siap WFH membutuhkan kurang lebih 2 minggu , apa saja yang sudah dilakukan :
Milestone Profiling untuk WFH :
Per tanggal 24 Maret 2020, kami sudah memutuskan utk memulai WFH bagi para agent yang sedang hamil.
Dengan hasil rapat dengan bapak manajer, pada 1 hari sebelumnya, banyak hal yang dibahas , dan pada hasilnya kami bisa me WFH kan 4 agent terlebih dahulu, dengan banyak pertimbangan dari segi kesehatan, psikis mental agent, dan meminimalisir penularan virus kpd orang2 yang sedang dalam keadaan lemah (tentunya ibu hamil).
Per tanggal 1 April 2020, menyusul 2 agent ibu menyusui dengan potensi terdampak terkena penyebaran virus corona dikarenakan mereka mempunyai tempat tinggal yang jauh, masih mempunyai anak yg sangat rentan terhadap penyakit.
Sejarah WFH pertama di Profiling, adalah bagaimana kami tetap membuat Agent WFH masih bisa Produktif setiap harinya. Tentunya ke 6 agent WFH ini diberikan setiap jobdesk yang berbeda dengan berbagai macam kategori, yaitu :
Kategori Individu, Team dan Layanan.
Pertama, kategori individu adalah agent membuat Timebond untuk memonitor kinerja diri pribadi, time bond ini berisi kolom interval, kegiatan yang dilakukan, dan rencana tugas tugas yang akan di selesaikan dalam 1 hari yang sama.
Kedua, kategori Team adalah kontribusi agent WFH kepada Underteam nya.
Seperti membantu team leader dalam menyelesaikan jobdesknya utk memonitor teamnya dalam segi kualitas (tappingan validasi) dan kuantitas (Target).
Ketiga, Layanan adalah Keikut sertaan agent WFH dalam membantu layanan agar tetap Produktif walaupun tdk dengan achieve target, tetapi dapat membantu dalam hal lain, contoh membantu merekap total target daily, keluhan pelanggan, permintaan input data/update data pelanggan, sehingga memudahkan team operasional dalam meng analisa sebuah bisnis untuk kelangsungan Profiling kedepannya.
Dengan prinsip kontribusi pada ke 3 aspek tsb , WFH kami sebut juga dengan LFH (Learning From Home)
** Agent On Duty
Dilain sisi, agent/karyawan yang masih bekerja akan selalu melakukan cara yang kami sebut Pencegahan Covid-19 daily.
Dimana setiap harinya banyak hal yang sudah kami lakukan , yaitu :
1. Poster/edukasi/Sosialisasi terkait bahaya Penyebaran dan dampak dari penyebaran Virus corona. Kami lakukan briefieng per underteam dengan menampilkan Materi Pencegahan Covid-19 (Tanggal 1 Maret 2020)
2. Keikutsertaan team operational dalam Posko Siaga Covid-19 yang bertempat di Gedung Infomedia TBB33 Lantai 4.
Posko siaga ini tentunya membantu kami dalam menerima informasi ter uptodate dan no hoax, juga memberikan sarana bagi kami dalam pelaporan jika kedepan ada dari team kami yang sakit atau mempunyai gejala covid-19, maka akan segera ditindak lanjuti dengan mengisi form IMP (Ijin Meninggalkan Pekerjaan) , cek suhu tubuh dan penanganan dari pihak medis dalam hal ini dapat dihubungi melalui call center 119.
3. Pengadaan Disinfektan disetiap penjuru layanan Profiling. Seperti menyediakan handsanitizer disetiap lorong work station, pengadaan sabun cuci tangan, handsanitizee dalam bentuk hairspray, penyemprotan disinfektan setiap minggunya.
4. Kewajiban membawa tisue basah, handsanitizer pribadi guna menjaga agar workstation dan pribadi agent/karyawan tetap steril.
5. Praktek program Social Distancing, dengan merubah Pola Posduk Agent/karyawan agar tidak terlalu berdekatan. Cara yang kami lakukan , dengan memindahkan extension aplikasi call ke ruangan yang tidak digunakan sebelumnya (Ruang Saltik), dan juga memberlakukan 1 posisi duduk untuk 1 agent tidak boleh berpindah pindah tempat.
6. Setiap harinya mengedukasi agent/karyawan untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan perangkat kerja.
7. Penggunaan Masker bagi agent yang merasa tidak sehat, dan setelah ada peraturan Gubernur terkait kewajiban semua masyarakat dalam menggunakan masker, oleh karena itu Profiling membagikan secara cuma cuma masker kepada seluruh karyawan Profiling yang sedang bertugas.
8. Pengadaan multivitamin, makanan yang bergizi, jamu tradisional/air jahe dalam meningkatkan imunitas agent/karyawan Profiling yang masih tetap Produktif dikantor dalam bertugas memvalidasi data Pelanggan.
Dan masih banyak lagi cara cara kami dalam pencegahan Covid-19 yang akan di share lain waktu ya..
And the last, alhamdulillah ini hari ke 2 kami dalam meng WFH kan agent selanjutnya dengan Keberhasilan Persiapan agar agent/karyawan masih tetap Produktif dalam ketercapaian Targetnya. (Mulai aktif 9 April 2020)
Harapan nya , dengan percobaan WFH yang sudah di ikuti oleh kurang lebih 20 Agent ini, akan berdampak positif terhadap Bisnis Proses Profiling dalam pemanfaatan praktek Agent Anywhere, sehingga pada saat Pandemic corona ini selesai, praktek WFH yang tidak asing lagi kita ketahui seperti meng aktifkan kembali agent anywhere yang pernah beberapa tahun yang lalu akan direncanakan dan takdirnya di tahun 2020 dengan musibah pandemic ini ternyata bisa mewujudkan cita cita Profiling yang sudah lama direncanakan.
Doanya, semoga agent/karyawan yang sudah WFH bisa bertanggung jawab dengan Target dan tetap memberikan kontribusi yang terbaik untuk Profiling Consumer.
Jadilah kebanggaan kami.
Bandung, 11 April 2020
Pukul 00:47 wib
Dari kami yang masih banyak belajar,
Yang selalu bangga dengan jobdesk kami,
Dalam membimbing kalian para agent2
Terbaik
Lia Siti Nurlianty
TeamLeader Profiling Consumer
Komentar
Posting Komentar