Myteam Its Myhome

 

➤Lia Siti Nurlianty 
Team Leader Outbound
Profiling Consumer PT Telkom Indonesia



Jadi team leader bagi saya adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, Tapi tidak mudah juga menjadi seorang teamleader yang menjadi panutan, dan juga team kita melakukan instruksi sesuai dengan harapan kita.

Tentunya siapapun bisa menjadi seorang Team Leader. Namun menjadi team leader yang menjadi panutan itu membutuhkan kerja keras yang ekstra, karena harus tegas dan disiplin namun juga penuh perhatian terhadap Underteam.


“Seorang Team Leader adalah Cermin bagi team nya, Leadernya berbuat baik, team akan baik juga”. Ini motto saya sebagai team leader di tahun 2020 ini.


Diumur saya yang genap 34 tahun ini, saya mengawali karir di dunia contac center sebagai Agent contac center Telkom 108 pada tahun 2011. Pada tahun 2012 mengikuti Assestment sebagai Team Leader inbound pada call center yang sama, selama perjalanan saya sebagai team leader, banyak pengalaman yang sangat berkesan salah satunya saya diperbantukan menjadi team leader pada contac center 1500366 pada tahun 2015. Kemudian pada tahun 2018, saya menjadi team leader outbound pada contac center 11500385 yang bertugas memprofile semua data data pelanggan Telkom, dan di contac center ini juga saya mendapatkan upgrade skill menjadi Trainer , pada kegiatan “Training For Trainer” di tahun 2019, oleh mentor kang wahyu , mba Emilia dkk.


Myteam Its Myhome , Program kerja ini lah yang akan saya jalankan di tahun 2020 ini sebagai Team Leader. Dengan tujuan nya agar Underteam merasa teamnya ini sebagai rumah , tempat ternyaman nya mereka dalam mencurahkan segala isi hati, termasuk mencurahkan segala kesulitan , kendala yang terjadi sehingga memudahkan saya dalam mencari dan menemukan solusi permasalah yang terjadi di team saya.


Program kerja ini tentunya di dukung oleh sejumlah aktivitas yang saya susun sedemikian rupa sehingga team saya menjadi team yang lebih solid dan produktif. Kreatifitas – kreatifitas tersebut saya sebut dengan istilah 4G yaitu Great Achievement, Great Serve, Great Healthylife, and Great Contribution.

Great Achievment disini yaitu berhubungan dengan Target Perusahaan, cara yang dilakukan yaitu dengan monitoring target setiap harinya, mapping agent yang belum tercapai target, dan memberikan teguran bagi agent yang belum achieve target. Hal ini saya lakukan agar team saya selalu tercapai target sesuai dengan tujuan perusahaan.


Great Serve, kreatifitas ini saya lakukan untuk membantu team saya dalam mendapatkan pelatihan pelatihan yang team saya butuhkan, memberikan masukan seputar tips dalam memvalidasi pelanggan dengan baik, dan juga memberikan apresiasi atas pencapaian team saya. Pelatihan dilakukan dalam pengembangan diri Agent – agent saya seperti pelatihan Public Speaking dan pelatihan2 multiskill lainnya. Pelatihan ini dilakukan secara berkala 1x selama 3 bulan. Tentunya harapan perubahan agent menjadi lebih baik lagi memerlukan sebuah apresiasi untuk menjaga kinerja , dan semangat mereka dalam memvalidasi pelanggan dengan baik. Apresiasi ini diwujudkan dalam bentuk pemberian penghargaan untuk Best Agent Team Lia of the Month. Selain itu juga tentunya dalam meng apresiasi kinerja team dapat meningkatkan kesolidan dengan team itu sendiri.


Great Healthylife, kreatifitas ini saya lakukan setiap 1 minggu sekali, yaitu melakukan hal hal yang baik bagi kesehatan, seperti menjaga pola makan (menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, karbohidrat) dan melakukan olah raga rutin 1 minggu sekali. Tujuan hasilnya adalah peningkatan dalam aspek kehadiran, agent underteam tidak sakit sakitan karena mereka sudah berusaha untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup yang sehat.



The last yaitu Great Contribution, pada program kerja kreatifitas ini saya menerapkan Script closing tambahan dalam pembicaraan dengan pelanggan, hal ini saya sebut sebagai service validation , seperti menambahkan kata “Sehat selalu ya pak/bu”, “Selamat beraktifitas kembali ya pak/bu”, “Hati2 di jalan ya pak/bu”.


Tentunya Service validation ini memberikan kontribusi secara revenue kepada perusahaan dengan hasil dalam peningkatan beberapa aspek yaitu Quality Score dan menjaga loyalitas pelanggan juga mempertahan kredibilitas perusahaan, sebagai perusahaan yang unggul dalam segi pelayanan.


Dalam menerapkan manajemen bawahan untuk team saya, saya menerapkan 5 hal yaitu

Mapping Kendala , Issue, Hambatan dalam team
Sharring untuk menemukan solusi
Menciptakan suasana kerja yang baik dan nyaman seperti di rumah sendiri
Briefieng In Underteam untuk memberikan arahan
Reward every month


Sekian program kerja team lia di tahun 2020, dan beberapa kreatifitas dalam pelaksanaan program2 nya , semoga diberikan kelancaran, tunggu realisasi program2 nya pada blog selanjutnya yaa....






 


 


 


Notes : Kreatifitas – kreatifitas ini terinspirasi dari Andresko Giaputra (dalam kreatifitasnya dalam melakukan program kerja pada ajang ICCA Indonesia yang meraih Platinum Winner Team Leader Inbound PT. Astra Credit Companies)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer